MAN 1 TULUNGAGUNG. Perkembangan teknologi dan daya saing bagi siswa-siswi memang tidak terbantahkan lagi. Selain itu dengan adanya perkembangan teknologi modern yang setiap waktu menjadi tantangan tersendiri bagi generasi pelajar untuk bisa mempelajarinya. Kami dari MAN 1 Tulungagung senantiasa memperhatikan keberadaan perkembangan informasi teknologi (IT) agar anak didik tidak merasa ketinggalan jaman. Apalagi didukung dengan adanya kurikulum prodistik yang kerjasama dengan ITS Surabaya, dan para dosen-dosen yang handal pada bidangnya.

Peserta didik yang mengikuti kuliah tamu prodistik dari ITS Surabaya dari kelas X dan kelas XI, diharapkan dengan adanya kuliah tamu ini dapat memotivasi anak didik MAN 1 Tulungagung untuk melek teknologi. MAN 1 Tulungagung juga menyelenggarkaan pendidikan prodistik yang dilaksanakan setiap hari, kecuali hari rabu. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua program prodistik ibu Januariani, M.Si. Pelaksanaan kurikulum prodistik ini diharapkan anak didik MAN 1 Tulungagung dapat menyeimbangkan diri dengan keberadaan kebutuhan teknologi informasi.

Kuliah tamu prodistik yang kerjasama dengan ITS Surabaya, dilaksanakan di Student Center MAN 1 Tulungagung pada hari Senin, 29 Januari 2018. Menurut bapak Drs. H. Slamet Riyadi, M.Pd. selaku kepala madrasah, menuturkan bahwasanya dengan adanya kuliah tamu dan pendidikan prodistik di MAN 1 Tulungagung, diharapkan siswa-siswi dapat berkembang dengan pengetahuan teknologi informasi yang semakin cepat. Untuk itu pelaksanaan kuliah tamu diharapkan mampu memberikan suatu gambaran kepada anak didik MAN 1 Tulungagung terkait teknologi informasi.