MAN 1 Tulungagung. Proses pendidikan di MANTASA GREEN tidak cukup sekedar pendidikan dan pembelajaran di kelas saja, melainkan membutuhkan motivasi hidup untuk menjalani kehidupan setelah mereka lulus dari MAN 1 Tulungagung. Kegiatan motivasi sendiri diselenggarakan setiap tahun yang diadakan oleh lembaga dan kerjasama dengan lembaga motivasi, salah satunya adalah motivator dari Mayangkara Blitar, yaitu Tapak Dewa. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 17 Februari 2018 berada di Student Center (SC) MAN 1 Tulungagung.

Mengambil tema motivasi hidup; “Ibuku, Ketekunan, Kerja keras, dan Doa Mengantarkan Puncak Kesuksesan dan Kebahagiaan”. Pada dasarnya kegiatan tersebut diselenggarkaan untuk memotivasi peserta didik kelas XII yang akan menghadapi ujian akhir nasional. Selain itu, setelah menamatkan pendidikan MAN 1 Tulungagung nantinya mereka akan terjun di lingkungan masyarakat. Pembekalan serta motivasi hidup sangat dibutuhkan mengingat nantinya kehidupan di luar madrasah begitu keras, dan memilih jalan hidup sendiri-sendiri, menurut Ketua Bimbingan Konseling MAN 1 Tulungagung ibu Srinatun, S.Pd.

Kerjasama dengan motivator Tapak Dewa, bahwasanya MAN 1 Tulungagung akan terus memberikan fasilitas untuk menunjang atau memotivasi anak didik agar memiliki kehidupan yang lebih baik. Untuk itu berbagai kerjasama yang dilakukan baik memberikan pembekalan kepada anak didik sangat diperlukan, imbuh Drs. H. Slamet Riyadi, M.Pd., selaku kepala madrasah. Selain itu, peserta didik MAN 1 Tulungagung juga sudah diberikan program Prodistik kerjasama dengan ITS Surabaya, yang nantinya juga dapat fasilitas sertifikat setara D1, imbuhnya.