Prestasi gemilang kembali diraih oleh siswa MAN 1 Tulungagung dalam pemilihan Duta Genre Kabupaten Tulungagung. Nurdin Alamsyah, siswa A18 di kampus MANTASA ini, berhasil meraih juara 2 Duta Genre Tahun 2020  Kabupaten Tulungagung.

Pemilihan Duta Genre ini diselenggarakan oleh BKKBN. Duta Genre ini mengemban tugas mensosialisasikan karakter remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nussa dan bangsa.

Keikutsertaannya dalam pemilihan Duta Genre awalnya bagi Nurdin hanya sekadar berpartisipasi saja. Namun, setelah mengikuti program karantina, Nurdin banyak belajar tentang program-program dalam genre seperti sosialisasi ke sebagian wilayah Tulungagung yang sulit diakses oleh alat transportasi. Dari kegiatan inilah Nurdin semakin mengetahui ternyata banyak sekali permasalahan remaja di Tulungagung.

“Ternyata banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh remaja di Tulungagung. Inilah yang memotivasi saya untuk bisa ikut ambil bagian dalam upaya mengubah kebiasaan remaja di Tulungagung menjadi lebih baik” ucap Nurdin.

Proses untuk menjadi juara Duta Genre bagi Nurdin tidaklah mudah. Beberapa tahapan seleksi harus dilalui oleh setiap peserta, di antaranya seleksi administrasi, tes tulis, psikotes, tes kepemimpinan. Tak hanya itu, peserta juga harus lolor paper test. Dalam paper test ini Nurdin membuat makalah dengan tema “pernikahan dini”. Tema ini Nurdin pilih karena di masa pandemi ini marak terjadi pernikahan pernikahan dini yang disebabkan factor ekonomi, seks di luar nikah, dan paksaan orang tua. Tema ini pula yang turut mengantarkan Nurdin masuk dalam 10 Besar Finalis Duta Genre menyisihkan 86 peserta lainnya.

“Persaingan untuk masuk sepuluh besar finalis Duta Genre tidaklah mudah. Kami harus bersaing dengan 86 peserta lannya, yang notabene bukan hanya berasal dari jenjang SMA saja. Peserta Duta Genre juga berasal dari dalam dan luar Tulungagung, bahkan banyak yang berasal dari mahasiswa, Malang maupun Surabaya, juga ada” kenang Nurdin.

Untuk adik angkatan di MAN 1 Tulungagung yang ingin mengikuti jejak berkompetisi dalam pemilihan Duta Genre 2021, Nurdin memberikan sebuah saran. “Saran dari saya jangan takut berorganisasi, jangan takut mengekspresikan diri, dan juga kita harus pandai-pandai berbicara, tapi bukan omomg kosong” ujar Nurdin.

Kesuksesnya meraih Juara 2 Duta Genre Tulungagung Tahun 2020 ini, bagi Nurdin tidak lepas dari doa kedua orang tua serta bimbingan dan dukungan dari para guru serta siswa MAN 1 Tulungagung.

“Syukur saya kepada Allah SWT dan terima kasih kepada Bu Ninik selaku guru pembimbing saya, terima kasih kepada Bapak-Ibu Guru juga teman-teman yang telah bersedia membeikan dukungan dengan memberi like instagram saya. Dukungan dari Bapak-Ibu Guru dan teman-teman merupakan penyemangat bagi saya,” ucap Nurdin.

Sebagai guru pembimbing, Ibu Ninik juga mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan dukungannya kepada Nurdin.

“Alhamdulillah, saya ikut bangga,selama kurang lebih 2 bulan kita mempersiapkan perlombaan ini dan alhmdulillah tidak sia sia usaha yang kita lalui, yang jelas saya berterimakasih terhadap kontribusi semuanya yang selama ini sudah memberikan dukungan kepada Nurdin,” ungkap Bu Ninik.

Selama dua bulan mempersiapkan pemilihan Duta Genre tentunya banyak kendala, namun dapat diatasi dan tidak sia-sia kerena Nurdin berhasil mendapatkan juara. Tak hanya itu, Bu Ninik juga memberikan pesan dan harapannya kepada Nurdin agar dapat membawa nama harum MAN 1 Tulungagung.

“Pesan saya untuk Nurdin, tunjukkan sebagai siswa MAN, bahwa kamu bisa, Nurdin harus bisa memberi warna yang berbeda sebagai Duta Genre dibandingkan lainnya dengan lebih berprestasi dan lebih pandai membawa diri” ujar Bu Ninik.

Nah, untuk siswa MAN 1 Tulungagung, prestasi Nurdin ini tentunnya dapat menjadi motivasi untuk lebih berprestasi. Kembangkan potensi kalian, jangan malu untuk mengekspresikan diri.