Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung (MAN 1 Tulungagung) senantiasa terus berinovasi, terutama untuk melayani kebutuhan anak didiknya. Salah satunya Madrasah Keterampilan, yang nantinya guru yang pilih untuk mendidik keterampilan, tata boga. Selain itu, dengan inovasi yang sedemikian rupa tidak lain mewujudkan madrasah berinovasi lebih kedepan.

Inovasi tersebut adalah dengan adanya keterampilan Tata Boga, yang mana gurunya harus diadakan pelatihan terlebih dahulu. Maka dari itu, dibutuhkannya pelatihan yang sesuai dengan tujuan sebagai Madrasah Keterampilan. Menuturkan Waka Kurikulum MAN 1 Tulungagung, bahwa dengan diadakannya Madrasah Keterampilan memberikan peluang kepada anak didik nantinya agar memiliki keterampilan, terutama Tata Boga.

Nantinya keterampilan Tata Boga menjadi bagian dari proses pembelajaran anak didik, sebagai pembekalan ketika nanti sudah lulus. Masih penuturan dari Waka Kurikulum, bahwa keberadaan Madrasah Keterampilan nantinya memberikan peluang terhadap anak didik untuk memiliki keterampilan Tata Boga khususnya, sehingga nanti ketika sudah terjun di masyarakat tidak minder karena sudah memiliki keterampilan.

Keterampilan tata boga ini merupakan perwujudan dari langkah madrasah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Selain itu, dengan adanya keterampilan tata boga mampu memberikan pelayanan terbaik pada anak didik. Konsepsi Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat, menjadikan tolok ukur berinovasinya madrasah dalam dunia pendidikan.