Prodistik merupakan pelatihan program pendidikan terapan dalam bidang teknologi dan komunikasi bagi peserta didik. MAN 1 Tulungagung bekerja sama dengan Institut Sepuluh November Surabaya (ITS) berupaya untuk membekali peserta didik agar siap memasuki dunia kerja dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. MAN 1 Tulungagung senantiasa berinovasi agar anak didik memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan, salah satunya Prodistik.

Selama lima semester mengikuti pelatihan Prodistik, peserta didik akan melaksanakan ujian Tugas Akhir Prodistik. Ujian tugas akhir ini dilaksanakan secara daring dan luring, utamanya ketika ada masa pandemi Covid-19 ini. Sebelumnya ujiannya langsung tatap muka dan di uji sesuai dengan judul tugas akhir yang dibuat.

Pada masa pandemi ini ujian dilaksanakan secara daring, peserta didik dengan karya terbaik diuji secara langsung oleh dosen dari ITS melalui aplikasi zoom meeting. Sedangkan melalui luring, peserta didik di uji oleh penguji yang berasal dari pengajar Prodistik MAN 1 Tulungagung.

Rangkaian kegiatan Ujian Tugas Akhir Prodistik:
a. Kuliah Tamu Kelas XII feat Prodistik Talks Eps.7
Tema: “Success on Study & Businness”
b. Ujian Tugas Akhir Prodistik dilaksanakan 21-26 Desember 2020

Beragam penggunaan aplikasi dipraktikkan para peserta didik untuk menghasilkan karya terbaik dalam bidang teknologi informasi (IT). Aplikasi tersebut di antaranya Google SketchUP, CorelDRAW , Adobe Photoshop, Filmora, Kinemaster , dan lain-lain. Dengan penguasaan terhadap aplikasi IT tersebut peseta didik membuktikan diri dalam menghasilkan berbagai macam karya, misal desain banner dan poster, pembuatan video edukatif, desain interior bangunan, dan lain-lain.

Peserta didik yang lulus dalam ujian Tugas Akhir Prodistik akan mendapatkan sertifikat setara Diploma 1 dari Prodistik ITS. Diharapkan dengan sertifikat tersebut dapat berguna dalam bagi peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya sekaligus juga dapat digunakan untuk persiapan memasuki dunia kerja.

Menurut Drs. H. Slamet Riyadi, M.Pd., selaku Kepala MAN 1 Tulungagung memberikan ucapan selamat kepada peserta didik yang berhasil menyelesaikan tugas akhir Prodistiknya. Memberikan peluang kepada anak didik agar memiliki keterampilan khusus dalam bidang IT ketika sudah berada di lingkungan masyarakat, masih kata bapak madrasah.