Dengan dihapusnya UN, kelulusan peserta didik ditentukan melalui Ujian Madrasah. Kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap satuan pendidikan menyelenggarakan UM dengan memperhatikan protokol kesehatan. Hal inilah yang mendorong MAN 1 Tulungagung menyelenggarakan Istighosah Virtual dalam rangkan menpersiapkan peserta didik Angkatan 2018 (A18) dalam menghadapi Ujian Madrasah.

Bertempat di Aula Student Center (Jumat, 12/03/2021) istighosah dilaksanakan secara luring terbatas dan daring melalui zoom meeting_. Secara luring terbatas, istighosah diikuti oleh guru pengampu keagamaan, pendamping akademik (A18). Untuk peserta didik yang mengikuti istighosah secara liting dibatasi dengan hanya diwakili 3 siswa untuk setiap rombel, sedangkan selebihnya mengikuti istighosah secara virtual dari rumah masing-masing.

Drs.H. Slamet Riyadi, M.Pd. memberikan sambutan setelah istighosah.

Istighosah dipimpin oleh H. Muh. Fathulloh, M.Pd. berlangsung mulai pukul 07.30. Usai istighosah, Kepala MAN 1 Tulungagung, Drs.H. Slamet Riyadi, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi pandemi di wilayah Tulungagung yang masih fluktuatif berpengaruh pada Ujian Madrsah yang harus dilaksanakan secara daring, mengingat penerapan protokol kesehatan yang membatasi adanya kegiatan yang menghadirkan massa dalam jumlah besar. Namun demikian, pihak madrasah masih melakukan koordinasi dengan Gugus Covid-19 Kabupaten Tulungagung mengenai perizinan pelaksaanan UM dengan pesertanya hadir di madrasah. Meskipun demikian, peserta didik dihimbau tetap mempersiapkan diri dengan giat belajar. Untuk kepastian pelaksaan UM dilalsanakan secara daring atau luring nantinya akan disampaikan oleh Tim Kurikulum.

H. Muh. Fathulloh, M.Pd., memimpin istighosah.

Dalam sambutannya, Masdjudi, S.Pd, selaku Waka Kurikulum, menyampaikan agar para orangtua berkenan berpartisipasi dalam pelaksanaan UM dengan memberikan motivasi dan pemgawasan bagi peserta didik jika UM harus dilaksanakan secara daring dari rumah. Sedangkan dari panitia UM yang diwakili oleh Roikhatul Jannah, S.PdI. menyampaikan teknis pelaksanaan UM berkaitan pengampilan nomor peseta hingga himbauan agar peserta didik segera memyiapkan diri dengan mempelajari semua materi untuk tiap mata pelajaran yang akan diujikan.

Dengan pelaksanaan istogotsah vitual ini diharapkan peseta didik mempunyai dapat mempersiapkan diri baik secara mental maupun fisik dengan tetap semangat belajar meskipun tetap dalam situasi pandemi Covid-19. Dengan persiapan yang baik tentunya akan memberi hasil yang memuaskan peseta didik dan madrasah.