Memperingati Hari Santri dan Maulid Nabi Muhammad, MAN 1 Tulungagung melaksanakan apel dan istoghosah secara luring terbatas di ruang Student Center. Apel ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan dan beberapa perwakilan siswa. Kegiatan ini juga disiarkan melalui streaming Youtube sehingga siswa yang berada di rumah juga dapat mengikutinya.

Apel Hari Santri dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Oktober 2021, pukul 07.00 WIB.  Bertindak sebagai pembina apel Hari Santri, Drs. H. Slamet Riyadi, M.Pd. menyatakan bahwa peringatan Hari Santri resmi dibuka. Petugas apel kali ini diemban oleh guru kecuali petugas pembaca ikrar santri yang dilakukan oleh perwakilan siswa. Dan selain ikar santri,  salah satu ciri khas apel Hari Santri yaitu dikumandangkannya lagu Mars Santri dan diikuti seluruh peserta apel dengan penuh semangat.

Usai pelaksanaan apel Hari Santri, kegiatan istighosah dilaksanakan dengan diawali kegiatan sholawatan oleh grup hadroh MAN 1 Tulungagung. Kegiatan istighosah dan sholawatan ini dilaksanakan sebagai penanda peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan peringatan Maulid ini diharapkan seluruh keluarga besar MAN 1 Tulungagung mampu memaknai kelahiran Nabi Muhammad dengan kembali mengingat dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam aktiviatas pendidikan di MAN 1 Tulungagung.

Peringatan Hari Santri juga dilengkapi dengan pelaksanaan kegiatan perlombaan bagi siswa. Beberapa perlombaan digelar meliputi lomba seni dan olahraga. Para siswa mengikuti perlombaan ini dengan penuh semangat. Keantusisan siswa ini merupakan hal yang wajar mengingat selama pandemic Covid-19, kegiatan seperti ini tidak dapat dilaksanakan secara luring. Meskipun dilaksanakan secara luring terbatas, pelaksanaan perlombaan tetap mematuhi protokol kesehatan. Melalui peringatan Hari Santri dan Maulid Nabi, kita wujudkan generasi santri yang siap jiwa dan raga menjadi insan yang berakhlakul karimah dan berprestasi.