mosbetpinappin upmostbet kz1win aviator

Oleh
Imam Hanafi, M.Pd.I.
Guru Matematika MAN 1 Tulungagung

 

PjBL

Sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Metode ini menuntut siswa untuk dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

PjBL ini dapat mengintegrasikan beberapa pelajaran misalnya Matematika, SBDP, dan Bahasa Indonesia.

PBL

Sebuah metode yang mengenalkan siswa pada suatu masalah / kasus yang memiliki keterkaitan dengan materi yang dibahas. Siswa kemudian akan diminta untuk mencari solusi untuk menyelesaikan kasus / masalah tersebut.

Kesamaan PjBL & PBL

Baik PBL maupun PjBL, keduanya merupakan model pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata sebagai topiknya. Siswa sama-sama wajib menganalisa masalah dan menemukan solusinya.

Beda PjBL & PBL

PBL memaksa siswa untuk berpikir secara kritis untuk memecahkan masalah yang ada.

PBL berfokus pada :
– proses pencarian jawaban dari masalah yang dihadapi
– memperoleh pengetahuan baru dengan hasil pembelajaran berupa tulisan atau presentasi.

PjBL menuntut siswa untuk menciptakan suatu proyek bedasarkan materi yang diajarkan.

PjBL berfokus pada produk akhir / proyek sebagai solusi masalah.

Langkah Langkah pembelajaran

PjBL

  1. Pelajaran dibuka dengan menyuguhkan sebuah pertanyaan yang menantang (essential question). Biasanya, topik yang diambil sesuai dengan realita dunia nyata.
  2. Merencanakan proyek. Perencanaan proyek dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan siswa. Harapannya, siswa akan merasa ikut memiliki proyek tersebut.
  3. Membuat timeline atau jadwal aktivitas.
  4. Melakukan penilaian terhadap produk / proyek yang dihasilkan.

PBL

  1. Penyajian sebuah masalah
  2. Siswa memberikan pendapatnya tentang permasalahan yang diberikan
  3. Pemberian lembar kerja untuk memandu siswa dalam melakukan investigasi, mendalami materi, dan menemukan solusi
  4. Proses pembimbingan dalam merencanakan dan menyajikan hasil akhir
  5. Pencatatan data hasil penyelidikan kelompok dalam Lembar Kerja, mengolah data yang diperoleh dari kelompoknya, dan menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja.